Tidak hanya DVD atau CD, flashdisk juga merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk sara menginstall OS Windows. Untuk cara membuat master instalasi nya atau biasa kita sebut bootable juga sangat mudah sekali untuk kita terapkan.

Beberapa alasan kita menggunakan flashdisk dikarenakan bagi pengguna laptop yang tidak memiliki DVD ROM serta dengan menggunakan flashdisk peluang akan gagal instalasi atau corrupt juga sangat kecil sekali kecuali memang flashdisk yang digunakan sudah bermasalah atau error.

Cara Membuat Bootable Windows

  1. Siapkan Master File .ISO OS Windows, jika belum memiliki silakan download terlebihdahulu melalui website penyedia file ISO OS (cari di Google banyak (: ) atau jika ingin windows 10 silakan buka https://www.diefind.com/notes/link-download-windows-10-pro-microsoft-office-2016-pro-plus-microsoft-office-2019-pro-plus-dan-lisensinya.
  2. Siapkan Aplikasi Rufus, jika belum memiliki dapat mengunduhnya secara gratis melalui https://rufus.ie/id_ID.html.
  3. Siapkan flashdisknya, disarankan minimal kapasitas 8 GB atau lebih besar dari ukuran file ISO nya. Pastikan tidak ada file penting pada flshdisk, karena flashdisk akan melalui proses format dalam pembuatan bootable.
  4. Tancapkan flshdisk yang akan digunakan sebagai bootable pada PC/laptop.
  5. Buka aplikasi rufus.
  1. Jika flashdisk sudah terdeteksi, maka akan muncul namanya di bagian Device. Klik Select dan pilih file ISO yang akan dijadikan bootable.
  1. Pada Image option silakan lewati saja. Pada bagian Partition scheme, sesuaikan dengan tipe partisi hardisk laptopyang akan di install (GPT atau MBR). Untuk Target system, nanti akan menyesuaikan secara otomatis.
  2. Klik Start, jika muncul peringatan format flashdisk klik OK.
  1. Tunggu sampai proses selesai.
  1. Jika proses telah selesai,maka akan tampil seperti berikut. Silakan eject dan cabut flashdisk dari PC/laptop.
  1. Bootable flashdisk sudah dapat digunakan.

Semoga Bermanfaat …