Webinar memang dapat dilakukan dimana saja, akan tetapi perlu kita siapkan secara sungguh-sungguh supaya ilmu yang kita dapatkan bisa maksimal dan dapat kita bagikan ke sesama. Serta waktu yang telah kita gunakan juga tidak sia-sia begitu saja.

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti Webinar:

  1. Komputer / Laptop / Smartphone, sangat disarankan menggunakan Komputer atau Laptop yang memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan dengan Smartphone.
  2. Browser, pastikan device (poin 1) sudah terinstal aplikasi browser, direkomendasi untuk menggunakan browser Chrome, Firefox atau Safari. Walau sebenarnya ada beberapa jenis webinar yang memanfaatkan aplikasi lain yang sebenarnya cukup tanpa menggunakan browser. Akan tetapi browser sendiri sangat dibutuhkan ketika melakukan Webinar.
  3. Koneksi Internet yang stabil dan cepat. Sangat disarankan menggunakan koneksi internet yang lebih stabil dan kecepatan tinggi. Webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Jika koneksi internet sedang tidak dalam kondisi prima maka akan terjadi seperti gambar tersendat serta suara patah-patah atau bahkan terputus / keluar dari webinar.
  4. Speaker / Headset, pastikan bahwa speakernya dalam keadaan aktif atau alternatif lain dapat menggunakan headset untuk mendengarkan Webinar.
  5. Email Aktif, biasanya saat melakukan pendaftaran Webinar membutuhkan Email Aktif.
  6. Sumber Daya / Listrik, pastikan device yang digunakan memiliki kapasitas baterai atau sumber daya yang mencukupi untuk mengikuti Webinar.
  7. Camilan ^_^

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengikuti Webinar:

  1. Melakukan pendaftaran (registrasi) Webinar yang ingin diikuti.
  2. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, baca serta pahami secara sungguh-sungguh apa saja syarat dan ketentuan yang perlu dilakukan dan dipatuhi dalam Webinar.
  3. Catat tanggal dan jamnya, pastikan membuat reminder di Smartphone agar tidak lupa.
  4. Pastikan dapat online di Tanggal dan jam Webinar berlangsung.