Image default
Elektronika Flip-Flop Elektronika

Cara Membuat Rangkaian Lampu Flip-Flop Menggunakan Transistor S 9014

Memang kalau sudah hobi ya mau bagaimana lagi, sebenarnya rangkaian Flip-flop ini bukan suatu bahasan yang begitu menarik. Akan tetapi tidak ada salahnya kan saya bahas di sini.

Kalau sudah berbicara tentang elektronika pasti tidak asing lagi dengan rangkaian ini. Rangkaian Flip-flop (lampu berkedip secara bergantian) merupakan rangkaian yang sederhana serta dapat dibuat dengan menggunakan komponen yang sangat beraneka ragam.

Pada bahasan kali ini kita hanya berbicara tentang rangkaian flip-flop dengan menggunakan komponen inti Transistor S 9014 sebagai saklar otomatisnya. Serta resistor dan kapasitor (ELCO) sebagai komponen pendukungnya. Akan tetapi jika menggunakan rangkaian ini, tegangan inputnya maksimal hanya di 5 Volt saja, karena kebutuhan tegangan pada emiter ke basis pada transistor ini maksimal di 5 Volt.

 

Cara kerja rangkaian flip-flop

Cara kerja rangkaian flip-flop sendiri yaitu jika pada rangkaian ini diberi tegangan, maka muatan listrik akan mengisi kedua kapasitor yang ada kemudian kedua kapasitor akan berlomba untuk mengisi arus pada kapasitas yang dimilikinya. Jika salah satu penuh terlebih dahulu, maka transistor yang kaki basisnya terhubung dengan kapasitor tersebut akan mendapatkan muatan yang membuat emitor dan kolektor terhubung.

Maka akibatnya lampu mendapatkan tegangan pada masing-masing kakinya dan membuatnya menyala sampai muatan yang berada di kapasitor tersebut habis. Bersamaan dengan kejadian tersebut saat kaki kolektor mendapatkan tegangan maka dia akan mengisi kapsitor satunya sampai kejadian pertama berulang kepada transisitor dan lampu yang lain. Kejadian ini berulang sampai rangkaiqn terputus dari tegangan input atau power suplay.

 

 

Komponen yang dibutuhkan

 

Skema
Skema Flip-flop Transistor S 9014

 

Rumus untuk menghitung lama waktu nyala dan padam lampu:

Jadi jika kita menginginkan waktu kedip lampu sesuai kehendak kita, kita dapat mengganti resistor dan kapasitor sesuai rumus yang tersebut.

 

 

 

 

 

Related posts

Cara Membuat Rangkaian Lampu Flip-Flop Menggunakan Transistor BC 547

Die Coding

Leave a Comment

We would like to keep you updated with special notifications.