Permalink adalah URL lengkap yang dapat kita lihat dan gunakan untuk setiap posting, halaman, atau bagian konten lainnya di website kita. Permalink dapat menyertakan nama domain kita (www.diefind.com), serta ada yang disebut slug (bagian dari URL yang muncul setelah nama domain) (/wordpress/what-is-a-permalink). Pada slug ini, dapat berupa tanggal atau kategori atau apa pun yang kita suka. Permalink yang sederhana membuat URL mudah dipahami dan dibagikan. Dalam artikel dasar-dasar SEO WordPress ini, kita akan melihat lebih dekat pada permalink.

Permalink harus memenuhi SEO friendly

Permalink adalah bagian penting dari website kita, karena mesin pencari dan pengunjung menggunakan URL ini untuk mengindeks dan mengunjungi website kita. Jenis permalink yang kita pilih juga akan memengaruhi cara kedua pihak ini melihat dan menilai website kita tersebut. URL dengan yang tidak mudah dipahami pada akhirnya jauh lebih sulit dalam memikat pengunjung atau pengindeks-an mesin pencari dibandingkan dengan URL SEO Friendly yang pendek dan sederhana.

Contoh permalink adalah:
https://www.diefind.com/category/post-name

atau 

https://www.diefind.com/post-name

dapat juga seperti

https://www.diefind.com/16/06/2018/post-name

Secara default, permalink pada WordPress sangat tidak disarankan dalam SEO Friendly, permalink tersebut berupa https://www.diefind.com/?p=16. Angka 16 disini merupakan ID Post kita.

Cara mengubah Permalink pada WordPress

  • Masuk ke menu Settings▸Permalinks
Setting SEO Permalink Die Find
Setting SEO Permalink Die Find

Permalink sangat penting sekali dalam hal SEO